Taman Wisata Mekarsari

Salah satu obyek wisata yang sangat menarik untuk kita kunjungi adalah Taman Wisata Mekarsari, wisata di tengah taman buah.

 Mengunjungi obyek wisata yang memiliki nilai edukasi, tentunya sangat menyenangkan. Selain menikmati rekreasi, kitapun akan mendapatkan berbagai informasi atau pengetahuan yang bermanfaat. Terbilang tidak jauh dari pusat kota Jakarta, lokasi Taman Wisata Mekarsari dapat ditempuh dalam keadaan normal berkisar kurang-lebih 1 jam. Lokasinya berada di Jl. Cileungsi-Jonggol Km.3, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau 14,5 km setelah keluar pintu tol Cibubur melalui Jalan Trans Yogie (altenatif Cibubur).

Melalui jalan Alternatif Cibubur atau jalan Trans Yogie selepas pintu tol Cibubur, disepanjang jalan ini kita akan jumpai banyaknya tempat kuliner yang mengundang selera, dari rumah makan tradisional Indonesia, Chinese Food atau masakan ala negara lain. Kawasan jalan ini, merupakan gudangnya kuliner.


Taman Wisata Mekarsari

Setiba di gerbang tiket dengan membayar Rp. 15.000,-  perorang dan Rp. 10.000,- untuk parkir kendaraan roda 4, kita akan memulai penjelajahan kawasan Taman Wisata Mekarsari atau Mekarsari Amazing Tourism Park yang luasnya 264 hektar.

Gerbang tiket (masuk) Taman Wisata Mekarsari

Peta Petualangan Mekarsari
Ada baiknya sejenak kita melihat terlebih dahulu peta lokasi yang ada, yaitu Peta Petualangan di Mekarsari. Dari peta  kita dapat melihat bahwa pola Taman Wisata Mekarsari berbentuk daun lamtorogung (petai cina), dengan berbagai pasilitas rekreasi dan wahana kebun buah yang sangat komplit.

Garis besar Taman Wisata Mekarsari terbagi dalam 6 zona ditambah Amazing Water World (waterpark).
Festival Point : panggung pertunjukan, bazar & festival, fun games & attraction (arena ketangkasan).
Family Walk Zone : Graha Krida Sari (information center), garden center, taman paradiso, kebun keluarga, teater Dwi Sri, manara pandang, lembah bermain, country side, danau Wiratama, the port (wisata kanal), toko buah dan rumah oleh-oleh – cindera mata.
Water Zone : taman Lotus, taman rekreasi kelapa, lakeside camp park, danau Cipicung, pulau Mekarsari “My Island”, sabut kelapa outbound, wisata perahu, permainan air (giant bubble, aqua bike, canoeing, floating donat, banana boat, dragon boat, water bike, fruity boat, jet ski) dan shelter kereta danau.
Central Park : Plaza air mancur, bangunan air terjun, taman air terjun, camp park
Mediteran Exotic Zone : taman mediteran + oasis, kebun tanaman langka, rumah pohon Leo, wisata bersepeda
Greenland Zone : nursery dan rumah kupu-kupu, kebun wisata melon, saung adem, taman konservasi rusa, kebun wisata salak, taman air, taman ziarah, kebun wisata belimbing
Amazing Water World (water park)

Menjelajahi Taman Wisata Mekarsari
Untuk menjelajahi kawasan Taman Wisata Mekarsari yang luas, tentunya kita harus pandai – pandai mengatur waktu agar wahana yang begitu banyak di tempat ini dapat kita kunjungi semua atau paling tidak perioritaskan wahana mana yang akan kita jelajahi.

Bila Anda mengajak keluarga dengan anak – anak yang ingin berekreasi sambil menambah edukasi tentang buah-buahan, ada baiknya mengambil paket tour yang tersedia di tempat ini. Tersedia berbagai paket tour yang dapat kita pilih, salah satunya GreenLand Tour. Banyak kelebihan yang akan kita peroleh dengan menggunakan paket tour, salah satunya kita tidak akan mengantri mobil kereta yang akan mengantarkan kita ke berbagai wahana di Taman Wisata Mekarsari.

Terminal kereta Taman Wisata Mekarsari

Tiket naik kereta Rp. 10.000,- perorang, sedangkan dengan mengambil paket Greenland Tour dengan biaya Rp. 50.000,-  kita akan mendapatkan pasilitas naik kereta tanpa antri dan mendapatkan tambahan, seperti souvenir, bibit buah, oleh-oleh buah atau minuman. Mau pilih yang mana?
Dengan paket Greenland Tour, kita diajak menjelajahi berbagai wahana kebun buah yang ada di Greenland Zone, yaitu kebun wisata belimbing, kebun wisata salak, dan kebun wisata melon. Sungguh menyenangkan, selain kita dapat melihat-lihat kebun buah tersebut, kita juga mendapatkan berbagai penjelasan detail dari pemandu wisata yang ramah.

Di setiap wahana buah, tersedia pondokan yang menyediakan buah yang dapat dibeli, tentunya yang dijual buah-buah segar. Selain wahana buah yang telah ditentukan dalam paket tersebut, dalam perjalanan di kawasan ini kita akan menjumpai banyak sekali kebun – kebun buah lainnya, seperti nangkadak (nangka cempedak), durian, buah naga, jambu air, mangga, jambu bol, kebun sawo dan lainnya. Tukarkan voucher yang kita dapatkan dari GreenLand Tour, seperti oleh-oleh buah, minuman dan juga bibit buah.

Bangunan air terjun  (waterfall building) di area Central Park

Setelah selesai dengan Greenland Tour, kita dapat menjelajahi berbagai arena rekreasi yang sangat banyak di lokasi Taman Wisata Mekarsari. Seperti lembah bermain di Family walk zone, terdapat berbagai wahana mainan anak-anak, termasuk petualangan dengan motor ATV. Di zona ini juga kita dapat menaiki menara pandang yang tingginya 30 meter, dari atas kita dapat melihat keindahan kawasan Taman Wisata Mekarsari.

Tidak jauh dari lokasi menara pandang ada Family Garden (kebun keluarga) yang terdapat berbagai jenis koleksi sayuran dan kebun jambu biji, serta lokasi yang nyaman untuk bersantai bersama keluarga. Berdekatan dengan Family Garden, ada Garden Center sebagai pusat aneka bibit tanaman, kita dapat melihat – lihat atau membeli bibit untuk dibawa pulang.

Di gedung Graha Krida Sari (information center), kita dapat melihat patung Ibu Tien Soeharto sebagai pemrakarsa dan pembangun Taman Buah Mekar Sari (TBMS), tertulis peresmian taman wisata ini 14 Oktober 1995 dan terdapat juga tulisan kesan dan pesan Ibunda yang berbunyi :  ” Miliki jiwa yang besar dan semangat juang yang tinggi, tumbuhkan rasa cinta tanah air, bina kekompakan dan kerukunan antar generasi. Ingat ! Lestarinya negeri tercinta ini sangat tergantung pada utuhnya kesatuan dan persatuan “.

Di area Central park terdapat taman yang indah dengan lapangan rumput hijaunya yang luas. Di lokasi ini kita dapat melihat keindahan bangunan air terjun 7 lantai (waterfall buliding) yang menjadi ikon Taman Wisata Mekarsari, Plaza air mancur dan taman air mancur.

Yang ingin mencoba outbound, dapat mengunjungi Sabut Kelapa Outbound, rekreasi penuh petualangan di area pepohon kelapa, dengan berbagai permainannya yang cukup menantang, seperti berjalan di jembatan gantung yang diikatkan di antara pohon kelapa.
Di area Danau Cipicung yang luasnya 25 Ha dengan kedalaman 10-30 meter (tertulis di papan petunjuk), berbagai permainan air dapat kita nikmati, antara lain : giant bubble, canoieng, floating donat, banana boat, water bike, wisata perahu dan jetsky. Keduanya ada di area Water zone dengan beberapa wahana lainnya.

Danau Cipicung, arena permainan air dan jembatan gantung

Dari lokasi ini kita dapat melewati jembatan gantung yang panjang dan eksotis menuju Amazing Water World (water park). Berbagai wahana permainan lengkap ada di water park ini, antara lain 2 buah spiral slide yang tinggi, kiddy pool, lazzy river (kolam arus), kantin dan saung santai.

Tentunya masih banyak lagi wahana rekreasi lainnya yang ada di Taman Wisata Mekarsari yang dapat kita kunjungi. Sebelum pulang, jangan lewatkan juga untuk mampir di toko buah dan rumah oleh-oleh + cinderamata yang berlokasi di depan dekat gedung Graha Krida Sari (information center).

Pengalaman wisata edukasi yang sangat menyenangkan, selain berekreasi, berbagai pengetahuan agro juga kita peroleh. Datang….dapatkan semuanya di Taman Wisata Mekarsari, Cileungsi, Kabupaten Bogor.

Sumber dan Foto : http://www.promolagi.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s