Wisata Kepulauan Seribu : Pulau Untung Jawa & Pulau Rambut

 

Pulau Untung Jawa dan Pulau Rambut,merupakan rangkaian informasi wisata Kepulauan Seribu  yang akan kami sampaikan pada bagian ini.Informasi mengenai kedua pulau ini,hasil wisata Kepulauan Seribu bersama BACKYARD ADVENTURE pada tanggal 28 Mei 2010,dari Marina Ancol menggunakan kapal cepat yacht.

Mengenal Pulau Untung Jawa dan Pulau Rambut
Pulau Untung Jawa
Seperti yang pernah kami sampaikan terdahulu (dengan judul : Pantai Tanjung Pasir Tangerang) mengenai Pulau Untung Jawa,kami akan tambahkan mengenai pesona pantainya dan kegiatan ekonomi yang ada di pulau ini. Pulau Untung Jawa yang berpenduduk,tentunya kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh penduduk di sini,sangat berhubungan dengan wisata,yang menjadi mata pencaharian utama.Beberapa jenis usaha yang ada di pulau ini,antara lain :
1. Usaha penjualan sovenir kerajinan laut : aneka kerang,asbak,rantai kerang,gelang kerang.
2. Usaha penyediaan penginapan : home stay
3. Usaha kuliner : warung atau restoran seafood
4. Usaha jasa penyediaan sanitair : kamar mandi dan toilet
5. Usaha penyewaan sepeda
6. Usaha penjualan aneka barang komsumsi : minuman,makanan ringan/snack,sabun,rokok
7. Usaha penjualan sandang : pakaian,sandal,topi,tas

Foto : Saung Sari Kuring,Home Stay, Penyewaan Sepeda dan Toko Pakaian-Peralatan Pancing

Galeri Jepret : Bilalu Art-Sentra Usaha Kerajinan
Saat berwisata ke Pulau Untung Jawa,pastinya kebutuhan yang Anda perlukan cukup tersedia di tempat ini, apalagi aneka kuliner seafood-nya yang cukup bervariasi,cukup murah dan enak.Jangan lewatkan untuk mencicipi aneka kuliner seafood di pulau ini dan membeli oleh-oleh souvenir kerajinan kerang yang aneka ragamnya banyak sekali.Yang ingin menikmati pulau ini dengan bersepeda,tersedia penyewaan sepeda murah dengan tarif Rp. 5.000,- perjam ditambah air minum,ini sangat menyenangkan sekali,berolahraga sambil menikmati keindahan pantai Pulau Untung Jawa.Bermain air dan berenang di pinggir pantai yang landai berpasir putih,serta memancing ikan,merupakan aktifitas yang sangat menyenangkan di pulau ini.


Pulau Rambut

Umumnya untuk menuju ke Pulau Rambut,kita harus terlebih dahulu ke Pulau Untung Jawa,dengan menyewa kapal kayu milik nelayan.Yang perlu diperhatikan,untuk memasuki kawasan Pulau Rambut yang merupakan kawasan konservasi Suaka Marga Satwa yang dikelola Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam DKI Jakarta,kita harus memiliki ijin masuk berupa SIMAKSI (surat ijin masuk kawasan konservasi).Karena sebagai kawasan konservasi alam,jadi yang diperkenankan di pulau ini hanya sebatas observasi (penelitian), pendidikan,dan wisata alam terbatas.

Foto : sisi depan dekat dermaga

Pulau Rambut yang memiliki keanekaragaman hayati yang berlimpah, terdapat aneka hewan dan tumbuh-tumbuhan yang mendiami pulau ini.Yang sangat menarik adalah banyaknya burung-burung yang menghinggapi pepohonan besar,sampai-sampai dipenuhi dengan kotoran burung,jadi tidak salah kalau pulau Rambut disebut sebagai ‘surganya burung’.Pohon-pohon besar yang menghiasi pulau ini,juga menjadi daya tarik tersendiri,terutama pohon-pohon besar yang usianya sudah mencapai ratusan tahun.Keanekaragaman hewan yang ada di pulau ini,seperti tertulis di dinding batu,kebanyakan didominasi oleh burung : kepodang dara laut,bluwok-walangkadak,cangak abu,cangak merah,raja udang,elang/rajawali, gagak,kuntul-bangau putih dan juga beberapa hewan lainnya,seperti: biawak,ular piton dan kalong.


Foto : hutan Pulau Rambut

Jangan lewatkan untuk menaiki menara pengawas,dari menara ini dengan jelas kita dapat melihat aneka burung (seperti kuntul-bangau putih) yang hinggap di atas pepohonan atau bila sore hari dari pantai,burung-burung-burung menghiasi langit pulau ini.
Pantai Pulau Rambut yang terbilang cukup bersih dengan pasir putih-nya,dapat menjadi ajang berenang atau bermain air,serta untuk memancing ikan. Wah…lengkap bukan? tempat rekreasi sekaligus tempat observasi alam,semua dapat kita nikmati di Pulau Rambut Kepulauan Seribu.


Foto : pesona pantai Pulau Rambut

Pesona dan keindahan Kepulauan Seribu patut mendapat ‘acungan jempol’,karena memiliki keanekaragaman wisata yang menarik,dari wisata bahari,wisata observasi alam,dan wisata sejarah.Khusus bagi warga Ibukota Jakarta,sudah seharusnya mendukung dan ikut meramaikan wisata Kepulaun Seribu,karena dengan demikian sudah ikut andil dalam mengembangkan dan memajukan wisata DKI Jakarta,khususnya wisata Kepulauan Seribu.

Demikian infomasi singkat yang dapat kami sampaikan,nantikan informasi pulau-pulau lainnya yang akan kami kunjungi segera.

Info yang berkaitan : Pulau Edam dan Pulau Onrust & Pulau Kelor

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s