Wisata pesisir Jakarta Utara

Kotamadya Jakarta Utara, yang letak wilayahnya berada di pesisir pantai memiliki nilai tambah tersendiri dalam menggali dan mengembangkan potensi wisata yang sangat menarik, tidak saja bagi masyarakat Jakarta, tetapi bagi masyarakat luas Indonesia. Dengan 12 Jalur Destinasi Wisata Pesisir-nya, Jakarta Utara memiliki wisata yang beragam, dari wisata budaya, wisata religi, wisata belanja-kuliner, wisata rekreasi-olahraga air dan wisata alam-eko wisata.

Ke-12 Jalur Destinasi Wisata Pesisir Jakarta Utara yaitu :
1. Taman Suaka Margasatwa Muara Angke
2. Sentra Perikanan Muara Angke
3. Kawasan Sunda Kelapa
4. Kampung Luar Batang
5. Taman Impian Jaya Ancol
6. Bahtera Jaya Ancol
7. Stasiun Tanjung Priok
8. Jakarta Islamic Centre
9. Kampung Tugu
10. Kampung Marunda
11. Pusat Belanja Mangga Dua
12. Pusat Belanja Kelapa Gading

Taman Suaka Margasatwa Muara Angke, berada di dalam kawasan perumahan PIK (Pantai Indah Kapuk). Merupakan kawasan konservasi alam, dimana setiap pengunjung diwajibkan membawa surat izin masuk atau Simaksi (Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi). Terkenal dengan hutan alamnya dan terdapat beberapa spesies hewan, seperti biawak, burung dan monyet. Tidak jauh dari lokasi inipun dan masih dalam kawasan PIK, terdapat hutan mangrove yang terkenal dengan nama Kawasan Eko Wisata Mangrove Tol Sedyatmo Jakarta. Dengan luasnya yang 95,5 hektar, kawasan ini sangat menarik menjadi tempat pendidikan bagi para pelajar untuk mengenal secara lengkap tanaman mangrove.

Sentra Perikanan Muara Angke atau dikenal juga dengan kawasan Pemukiman Nelayan, sangat terkenal dengan penghasil ikan dan wisata kuliner seafood-nya. Pusat dan pelelangan ikan, yang sangat ramai dikunjungi masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Mencari ikan untuk dijual lagi, persediaan restoran atau untuk acara-acara tertentu, tempat ini paling ideal untuk dikunjungi. Tidak saja karena ikannya yang bervariasi, tetapi harga yang relatif murah, menjadikan tempat ini sebagai tujuan belanja dan kuliner yang terkenal di Jakarta. Berlokasi tidak jauh dari perumahan Pluit dan Muara Karang, cukup mudah menjangkau dan menuju lokasi Muara Angke.


Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta

Kawasan Sunda Kelapa dengan beberapa lokasi wisata yang saling berdekatan, juga menjadi tempat menarik yang patut dikunjungi. Dari Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Bahari dan Menara Syahbandar, termasuk juga Gedung Galangan VOC. Kawasan ini memiliki sejarah yang sangat tinggi, sebagai kawasan pendukung perekonomian masa kolonial Hindia Belanda, yang sampai saat ini menjadikan kawasan sekitarnya yang kita kenal dengan Kota Tua dan Kawasan Jakarta Kota tetap ramai dan menjadi salah satu pusat bisnis teramai di Jakarta.

Taman Impian Jaya Ancol, siapa tak kenal dengan kawasan wisata ini. Orang Jakarta, pastinya sudah semua mengunjungi lokasi wisata ini, terkenal dengan pantainya, Dunia Fantasi, Gelanggang Samudera, Sea World, Atlantis, Hysteria, dan berbagai arena hiburan lainnya. Berbagai tempat kuliner, hotel dan sarana olahraga tersedia lengkap di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Demikian pula dengan Bahtera Jaya Ancol, sebagai tempat olahraga air yang sangat terkenal, penyewaan kapal untuk mancing atau wisata. Marina Ancol sebagai pelabuhan untuk berwisata menuju pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu, dengan memiliki 23 dermaga.


Sentra bisnis Jl. Mangga Dua Raya

Sentra Perdagangan Mangga Dua, tentunya lokasi ini sudah dikenal luas masyarakat Indonesia dan sampai mancanegara mengenal sebagai pusat perdagangan yang lengkap dan sangat ramai. Terdapat beberapa pusat / gedung perdagangan modern yang dapat kita kunjungi, dari pusat fashion, elektronik-komputer, otomotif, bahan bangunan, tekstil dan mall sebagai pusat rekreasi keluarga dan kuliner. Demikian pula dengan sentra bisnis atau pusat belanja Kelapa Gading, yang semakin marak dan berkembang, dengan bertumbuhnya pusat-pusat bisnis modern yang lengkap. Sebagai sarana wisata belanja, rekreasi dan kuliner, Kelapa Gading tidak kenal sepi, dan semakin menarik untuk dikunjungi. (http://www.promolagi.com)

2 responses to “Wisata pesisir Jakarta Utara

  1. coba aja kalo tulisannya bisa di vgiew gan jadi oraktis orang yang melihat blog ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s