Waduk Jatiluhur Purwakarta

Mengisi akhir pekan atau hari liburan Anda,wisata tentunya menjadi hal yang sangat menyenangkan,apalagi mengisi waktu ini dengan kegembiraan bersama keluarga atau teman-teman mengunjungi satu tempat wisata yang nyaman dan menarik.Bosan dengan wisata yang sering dikunjungi,atau bingung mencari alternatif tempat wisata lainnya,datang saja ke Waduk Jatiluhur Purwakarta Jawa Barat,satu kawasan wisata alam dengan sejuta keindahannya,serta dapatkan sensasi pengalaman wisata yang berbeda dari tempat ini.Kawasan wisata Grama Tirta Jatiluhur yang berada di area bendungan/waduk serbaguna Jatiluhur,dengan segala pasilitas lengkapnya, akan memberikan wisata Anda lebih menyenangkan dan mengesankan.


Menuju Kawasan Waduk Jatiluhur
Waduk Jatiluhur yang membendung sungai Citarum,berlokasi berkisar 9 KM dari pusat kota Purwakarta. Berjarak berkisar 120 KM dan dapat ditempuh dalam waktu berkisar 1-1,5 jam dari Jakarta melalui tol Jakarta Cikampek-Cipularang ((Purbaleunyi), keluar pintu tol Purwakarta-Jatiluhur-Ciganea Km.84.


Tanda gerbang tol menuju Jatiluhur

Perjalanan wisata Anda menuju kawasan wisata waduk Jatiluhur akan lebih berkesan dan menyenangkan,bila dalam perjalanan bersama keluarga atau teman-teman,menyempatkan singgah di rest area Km.72 tol Cipularang untuk beristirahat sejenak dan menikmati pasilitas yang tersedia di tempat ini.

Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur

Dengan membayar tiket masuk Rp. 7.500,- perorang dan untuk mobil kecil Rp. 10.000,- kita sudah dapat menikmati kawasan wisata Grama Tirta Jatiluhur yang nyaman dan asri dengan panorama pegunungan serta danau waduk Jatiluhur yang luas dan indah.Banyak pasilitas yang tersedia di Grama Tirta Jatiluhur,seperti : hotel bintang 2,bungalow,restaurant,kolam renang,water park,tempat pemancingan,lapangan tennis,play ground,perkemahan,dan pasilitas olahraga air seperti : perahu dayung,jetsky,boating,serta pasilitas lainnya.

Foto : depan water world Jatiluhur

Tidak itu saja,sambil menikmati udara yang sejuk dan segar di sekeliling kawasan ini,tentunya wisata dengan berkeliling ke waduk Jatiluhur atau terkenal pula engan nama (tertulis di waduk) Waduk Serba Guna Ir. H. Djuanda akan menambah pengalaman wisata Anda.Untuk menuju ke waduk,mobil atau kendaraan lainnya sudah tidak diperkenankan masuk,dan harus meninggalkannya tidak jauh dari pintu masuk, serta harus membawa surat pengantar dari pengurus bendungan dengan membayar Rp. 20.000,- permobil.Dari pintu masuk bendungan kita harus berjalan kaki sekitar 200 meter,baru sampai di bendungan utama yaitu Waduk Serba Guna Ir. H. Djuanda.(Sebagai catatan : apakah masih diberlakukan bayar untuk surat pengantar,hal ini dapat ditanyakan langsung pada saat Anda di sana, karena info ini kami sajikan saat kami ke sana akhir tahun 2009).
Danau waduk Jatiluhur yang sangat luas,dapat Anda nikmati dengan berkeliling menggunakan kapal motor atau perahu dayung,dan yang yang suka memancing,tersedia beragam ikan air tawar di tempat ini.Dan satu lagi yang pastinya disukai,terutama anak-anak adalah berenang dan bermain air di water park Grama Tirta (Grama Tirta Jatiluhur Water World) yang cukup besar dengan aneka pasilitasnya dan tersedia water slide,baik spiral slide danrace slide.

Waduk Serba Guna Ir. H. Djuanda


Waduk – PLTA Jatiluhur

Sumber Wikipedia

Bendungan Jatiluhur adalah bendungan terbesar di Indonesia. Bendungan itu dinamakan oleh pemerintah Waduk Ir. H. Djuanda, dengan panorama danau yang luasnya 8.300 ha. Bendungan ini mulai dibangun sejak tahun 1957 oleh kontraktor asal Perancis, dengan potensi air yang tersedia sebesar 12,9 milyar m3 / tahun dan merupakan waduk serbaguna pertama di Indonesia.

Di dalam Waduk Jatiluhur, terpasang 6 unit turbin dengan daya terpasang 187 MW dengan produksi tenaga listrik rata-rata 1.000 juta kwh setiap tahun, dikelola oleh PT. PLN (Persero).
Selain dari itu Waduk Jatiluhur memiliki fungsi penyediaan air irigasi untuk 242.000 ha sawah (dua kali tanam setahun), air baku air minum, budidaya perikanan dan pengendali banjir yang dikelola oleh Perum Jasa Trita II.
Selain berfungsi sebagai PLTA dengan sistem limpasan terbesar di dunia, kawasan Jatiluhur memiliki banyak fasilitas rekreasi yang memadai, seperti hotel dan bungalow, bar dan restaurant, lapangan tenis, bilyard, perkemahan, kolam renang dengan water slide, ruang pertemuan, sarana rekreasi dan olahraga air, playground dan fasilitas lainnya. Sarana olahraga dan rekreasi air misalnya mendayung, selancar angin, kapal pesiar, ski air, boating dan lainnya.
Di perairan Danau Jatiluhur ini juga terdapat budidaya ikan keramba jaring apung, yang menjadi daya tarik tersendiri. Di waktu siang atau dalam keheningan malam kita dapat memancing penuh ketenangan sambil menikmati ikan bakar.
Dikawasan ini pula kita dapat melihat Stasiun Satelit Bumi yang dikelola oleh PT. Indosat Tbk. (±7 km dari pusat Kota Purwakarta), sebagai alat komunikasi internasional. Jenis layanan yang disediakan antara lain international toll free service (ITFS), Indosat Calling Card (ICC), international direct dan lainnya.

Tambahan : Panjang waduk 1.200 meter dengan ketinggian tower 114,5 meter

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s