Tanjung Api – Ampana

Tanjung Api adalah sebuahtanjung yang terletak di Teluk Tomini – Ampana – Tojo Una-Una. Lokasi ini dapat ditempuh dengan berjalan kali selama 5 jam atau dengan speed boatselama 20 menit.

Keunikan dari tanjung ini adalah adanya gas alam yang keluar secara alami di sepanjang tanjung ini. Dengan menggali sekitar 5-10 cm, maka akan keluar gas alam yang dapat kita nyalakan dengan korek api. Api ini akan menyala terus sampai kita menutupnya kembali dengan tanah.

Nama Tanjung Api diambil dari nama api unik yang ada di objek wisata ini. Para wisatawan yang akan berkunjung di objek wisata ini akan menyaksikan api unik yang menyembur dari bawah pasir. Para wisatawan yang berkunjung di Tanjung Api ini, tidak perlu lagi membawa korek api. Jika ingin memasak air atau menanak nasi, cukup dengan menggali pasir, maka api akan menyembur seketika dari bawah pasir dan siap untuk dipakai memasak.

Tanjung api selain memiliki api yang unik, juga memiliki panorama bawah laut yang indah dan sangat cocok untuk atraksi snorkeling. Selain itu, Tanjung api juga memiliki pasir putih yang bersih dan alami untuk menikmati mandi matahari maupun menikmati pemandangan sunset. Objek wisata ini yang di tetapkan oleh Pemerintah sebagai salah satu cagar alam di Sulawesi Tengah

 

Objek wisata ini memiliki hutan tropis yang masih alami serta hewan endemik seperti anoa, babi rusa, monyet dan berbagai jenis burung. Olehnya Tanjung api juga sangat potensial untuk atraksi trekking. Tanjung api secara administratif berada di 2 (dua) wilayah Kecamatan yaitu Ampana Kota dan Ampana Tete. Untuk berkunjung ke Tanjung Api dapat dilakukan dengan motor boat dari Pelabuhan Ampana dengan waktu tempuh 30 menit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s