Wisata Bengkulu

Provinsi Bengkulu adalah salah satu provinsi yang ibukotanya juga bernama Bengkulu, obyek wisata yang populer di Provinsi Bengkuluh adalah wisata alam Bukit Kaba Curup.

Wisata Alam, Bukit Kaba Curup, petualangan mendaki puncak gunung, melihat panoram indah di kaki gunung, hamparan kebun sayur, pohon aren, puncak gunung kaba, kawah gunung kaba, dan sumber air panas

Wisata Alam – Pantai Pasir Panjang
Pantai berpasir halus, sangat landai, ombak kecil menggulung gulung tenang, sangat baik untuk mandi-mandi , bersantai  bersama keluarga.
Pandang kearah selatan,terlihat pulau batu naga terlihat mirip keong. kearah timur tampak pantai kampung Sungai Nipah dan Batu Kodi di ujung bukit Pulai.

Pulau Enggano
Terletak di Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara. Dari Bengkulu, waktu yang dibutuhkan untuk sampai di Pulau Enggano adalah sekitar 12 jam dengan fery 2 kali seminggu, berkunjung ke pulau ini sebaiknya membawa , menyewa sepeda motor untuk berkeliling , tdak ada penginapan maupun kenderaan umum di pulau ini

Danau Dendam Tak Sudah
Berjarak enam kilometer dari pusat Kota Bengkulu terkenal dengan legenda tragis sepasang muda-mudi.yang saling mencinta tetapi tidak direstui oleh orang tua akhirnya bunuh diri dan menjelma menjadi sepasang lintah besar Panorama di kawasan danau juga sangat indah. Sejauh mata memadang, terbentang  Bukit Barisan yang membiru dan terlihat sayup-sayup di kejauhan dan refleksi air danau merah kebiruan.
flora anggrek Pensil (vanda hookeriana),anggrek matahari, bakung, nipah, pulai, ambacang rawa, terentang, plawi, brosong, gelam, pakis dan sikeduduk. kera ekor panjang, lutung, burung kutilang, babi hutan, ular Phyton, siamang, siput dan berbagai jenis ikan termasuk ikan langka seperti Kebakung dan Palau. sekitar kawasan terdapat Cagar Alam Dusun Besar

Pusat Konservasi Gajah Seblat
merupakan kawasan hutan produksi dengan fungsi khusus ,Kawasan PKG saat ini posisinya berada ditengah-tengah perkebunan kelapa sawit skala besar

Curug (air terjun) Sembilan Tingkat
Terletak di Kabupaten Bengkulu Utara,memiliki keunikan air terjun yang memiliki sembilan tingkat yang mana tiap tingkatnya membentuk air terjun sendiri inilah yang menjadi kehasan dan keunikan dari air terjun iniyang tak dimiliki oleh air terjun lain, Air Terjun Curug sembilan tingkat, terletak di dalam kawasan hutan lindung yang alami,sangat cocok dikunjungi para wisatawan pencinta alam dan senang petualangan di alam bebas. Di dalam kawasan hutan sekitar air terjun itu, kata dia, banyak terdapat flora dan fauna langka.

FORT Marlborough
Bentuk benteng abad XVIII (1914) ini menyerupai kura-kura. Pintu utama dikelilingi parit luas dan tersambung dengan jembatan ke gerbang dalam. benteng ini memiliki pintu keluar bawah tanah.
Fort Marlborough adalah peninggalan terbesar Inggris terbesar di Indonesia.Sebagai pusat pengendalian ingris di pesisir barat Sumatera.
Desain dasar Benteng Marlborough berbentuk segi empat. Desain ini menyerupai kura-kura, ditandai dengan empat bagian bangunan menyudut seperti kaki, serta satu kelompok bangunan menyerupai bagian kepala kura-kura. Bagian atas bangunan ini tersambung melingkar menjadi pelataran penempatan meriam, sekaligus mempermudah mobilitas perpindahan meriam. Ciri lain benteng pertahanan ini adalah dua lapis dinding pertahanan, sehingga ketika dinding terdepan bisa ditembus lawan, pasukan bisa segera mundur dan melakukan pertahanan dari dinding kedua.
Pembangunan benteng tahap pertama selesai 1718 ,Untuk memasuki benteng dari gerbang utama, kita harus melewati dua jembatan yang menyeberangi parit-parit kering. Parit itu berkedalaman sekitar 1,8 meter dengan lebar 3,6 meter. Jembatan-jembatan kayu di atas parit kering itu aslinya tidak pernah permanen agar dapat diangkat dalam menghambat gerak musuh.

Thomas Parr Monument
Terletak di sebelah tenggara dan berjarak 170 m dari Benteng Marlborough. Tugu ini berupa bangunan monumental untuk memperingati Residen Thomas Parr yang tewas dibunuh rakyat Bengkulu. Tugu ini berdenah segi 8 dan mempunyai tiang-tiang bergaya corintian. Pintu masuk pada tugu ini terdapat di bagian depan dan sisi kanan dan kiri. Bentuk dari pintu masuk ini lengkung sempurna dan tidak mempunyai daun pintu. Pada salah satu dinding di ruang dalam tugu terdapat sebuah prasasti, tapi pada saat ini sudah tidak dapat dibaca lagi. Bagian atas tugu mempunyai atap yang berbentuk kubah.
Monumen ini dibangun untuk mengenang Thomas Parr, seorang Residen Bengkulu dari Inggris yang tewas ditikam dan kemudian dipenggal kepalanya oleh penduduk setempat pada tahun 1807 ketika ia tengah beristirahat di rumahnya. Thomas Parr diduga dibunuh oleh orang-orang Bugis yang bekerja sebagai anggota keamanan perusahaan dagang Inggris (East India Company). Thomas Parr merasa khawatir dengan perkembangan kekuatan pasukan Bugis ini dan berupaya untuk mengurangi peran mereka, namun orang Bugis merasa tidak senang hingga akhirnya ia terbunuh. Inggris membalas kematian Parr dengan menembaki sejumlah penguasa lokal yang dicurigai berada dibalik pembunuhan tersebut dan membumihanguskan desa-desa tempat tinggal mereka.

Festifal Tabot
Pada tanggal 1 sampai dengan 10 Muharram H (Kalender Arab) setiap tahun di kota Bengkulu dilaksanakan Festival Tabot. Festival Tabot diselenggarakan berdasarkan Pesta Budaya Tabot yang dilaksanakan oleh masyarakat Kota Bengkulu dalam rangka memperingati gugurnya Amir Hussain, cucu Nabi Muhammad SAW, di Padang Karbala (Irak). Perayaan ini telah diselenggarakan secara tetap oleh masyarakat kota Bengkulu sejak abad 14. Masyarakat kota Bengkulu percaya bahwa apabila perayaan ini tidak mereka selenggarakan maka akan terjadi musibah atau bencana. Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila perayaan Tabot ini penuh dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat ritual dan kolosal.
Rangkaian upacara ritual budaya Tabot
1. Pengambilan Tanah
2. Duduk Penya.
3. Menjara
4. Arak jari-jari dan Arak Seroban
5. Hari Gam
6. Naik Pangkek
7. Arak Gedang.
8. Arak-aeakan Tabok Terbuang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s