Wisata Kutai Timur – Pulau Miang

Pulau Miang Besar dan Kecil Objek Wisata Kutai Timur

pulau miang

Memilih Pulau Miang Besar dan Miang Kecil di Kecamatan Sangkulirang sebagai salah satu Objek Wisata Kutai Timur. Hal ini karena berbagai perannya yang strategis sekaligus potensinya yang besar.

“Kawasan tersebut merupakan pertemuan arus dari Selatan ke Utara, juga dari Laut Sulawesi ke Sungai Sangkulirang. Potensi perikanan dan kelautannya sangat besar. Terlebih bila dikelola sebagai ekowisata. Kedua pulau itu merupakan Derawannya Kutim

“Pulau Miang, baik Miang Kecil maupun Miang Besar, memiliki karakteristik ekologi yang khas. Kawasan tersebut merupakan pertemuan arus air laut dari Selatan menuju utara. Juga dari arah laut Sulawesi menuju Sungai Sangkulirang,”

Selain itu, pulau tersebut berada di ujung Tanjung Kaliorang yang berperan penting dalam melindungi kawasan tanjung dan daratan Kutim di sekitarnya. Selain itu, tidak ada pulau lain di Kutim yang memiliki karakteristik sebagaimana kedua pulau tersebut.

Tidak semestinya Pulau Miang Besar, Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur dijadikan sebagai coal terminal. Atas berbagai karakteristik ekologinya yang khas, semestinya pulau tersebut harus dilindungi dan dijadikan kawasan konservasi.

3 responses to “Wisata Kutai Timur – Pulau Miang

  1. adakah informasi transportasi menuju pulau ini?

  2. lewat bontang naik kapal sekitar 5 – 6 jam, kalau dari Sangkulirang lebih dekat, cuma kalau dari samarinda kesangkulirang juga jauh bro

  3. Koq tau itu “Derawannya Kutim”, emang ada apa saja??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s