Nusa Dua Bali

Nusa Dua dan Tanjung Benoa adalah dua lokasi wisata di Bali yang saling bersebelahan namun mempunyai kerateristik yang berbeda.

Nusa Dua merupakan sebuah daerah eksekutif , memiliki resor besar bertaraf internasional , berbintang 5 , terletak di tenggara Bali. 40 kilometer dari Denpasar, ibukota provinsi Bali.


Pada tahun 2008 , Nusa Dua menjadi  lokasi Konferensi PBB tentang Perubahan Iklim 
Air jernih dan hamparan pantai berpasir putih Nusa Dua , Nusa Dua adalah tempat yang sempurna untuk resor mewah , bagi yang kelelahan setelah menikmati pertunjukan Barong di Batubulan dan menaiki tangga  panjang Pura Besakih. Hotel-hotel termewah di dunia dapat ditemukan di Nusa Dua Bali. Anda dapat bersantai di Resort setelah berselancar atau menyelam. menikmati mata-hari terbenam, sambil mengamati gelombang yang lembut datang dari laut biru dan membelai sekitarnya , Kolam yang tenang di bawah pohon kelapa tampak menyatu dengan laut biru di kejauhan. Galeri seni dan berbagai toko ditemukan disekitarnya

Tanjung Benoa, bersebelahan dengan Nusa Dua , terletak di ujung selatan pulau Bali namun memiliki daya tarik yang berbeda.


Tanjung benoa dikenal sebagai pusat wisata air mulai dari parasailing, banana boat, Jet Ski, Rolling Donut, Flying Fish, Snorkeling, Scuba Diving, Glass Bottom Boat + Turtle island dan olahraga air lainnya dapat dinikmati di sini. Pantai di sini tidak berombak dan tenang sehingga sangat aman untuk liburan bersama keluarga

PARASAILING yaitu permainan dimana anda akan memakai payung parasut dan ditarik oleh speed boat mengeliling pantai Tanjung Benoa. Jadi persis seperti terjun payung beneran. Waktu permainan ini satu putaran kira2 4 menit di udara. Ketinggian tali yg menghubungkan antara parasut dengan speed boat kurang lebih 80 meter. Jadi lumayan tinggi terbangnya.


JETSKI, yaitu permainan menggunakan kendaraan di pantai seperti sepeda motor. Jetski disini tidak bisa anda kendarai sendiri, harus didampingi oleh instruktur, mengingat di pantai Tanjung Benoa banyak terdapat perahu-perahu dan aktivitas watersport lainnya, instruktur ini hanya akan mengantar menuju ke tengah laut, selanjutnya anda yg nyetir, Kesempatan anda adalah 15 menit, Kalau anda mau menikmasi sensasi jetski ini, coba terjang ombak yg ada.


BANANA BOAT, menggunakan perahu karet tunggal, anda akan ditarik oleh speed boat berkeliling pantai dalam waktu 15 menit. Kapasitas muatan banana boat ini adalah max 4 orang plus 1 orang instruktur sbg pendamping. Anda bisa minta diceburin ke air selama boat berjalan, atau kalau tidak mau basah..minta yg biasa-biasa saja tetapi rasanya kurang seru sih kalau main banana boat tanpa nyebur.


FLYING FISH, ini permainan paling anyar di Bali. 3 buah banana boat dijadikan satu dengan tambahan rubber boat melintang di depannya dan ada semacam sayap disamping kanan kiri. Flying Fish dimainkan maksimum 3 orang, yaitu 2 orang penumpang disisi kanan kiri dan 1 orang instruktur ditengah. Posisi anda bisa beridir seperti mengendarai sepeda motor atau tidur terlentang. Flying Fish ini akan ditarik oleh speed boat berkecapatan tinggi dgn jalur melawan arah angin. Dengan demikian, flying fish akan terbang diatas air kira2 2 meter atau lebih bergantung pada kecepatan angin. Persis seperti layangan. Bagi yg suka tantangan, jangan melewatkan utk mencoba permainan ini.


SNORKELING, yaitu berenang sambil melihat pemandangan bawah laut. Syarat utamanya anda harus bisa berenang. Dengan menggunakan masker dan fin, anda akan melihat ikan-ikan hias serta terumbu karang yg ada sambil berenang.


SCUBA DIVING, yaitu menyelam. Daripada snorkeling, lebih bagus diving sekalian. Anda akan diberikan perlengkapan diving komplit, mulai dari pakaian, tangki oksigen dll. Diving tidak harus bisa renang, lebih baik kalo anda tdk bisa renang, karena lebih gampang. Satu wisatawan akan ditemani oleh satu instruktur di bawah air, jadi tidak perlu khawatir. Sebelumnya, anda akan diajarkan terlebih dahulu tentang cara-cara menyelam yg benar. Kedalaman bagi pemula berkisar antar 3 meter – 7 meter didalam air selama 40 menit. Sambil membawa roti utk makanan ikan, anda akan melihat indahnya pemandangan bawah laut yg dipenuhi oleh terumbu karang yg cantik dan ikan hias warni-warni.


GLASS BOTTOM BOAT & PULAU PENYU, adalah wisata yg paling cocok jika anda mengajak anak anda yg masih kecil. Dengan menaiki perahu yg dibawahnya ada kaca bening, anda akan diajak berlayar melihat akuarium bawah laut yg terdapat di pantai Tanjung Benoa. Sambil melemparkan roti dari perahu, ikan2 akan naik dan mengejar makanan tsb. Jumlahnya ratusan ekor dan berwarna warni. Demikian juga dgn pemandangan karang laut yg elok. Setelah puas melihat hal tsb, perahu akan meluncur menuju Pulau Penyu utk melihat lokasi penangkaran penyu, binatang yg cukup langka keberadaannya. Disini anda akan melihat telur penyu yg dikeram, kemudian penyu yg masih kecil2, penyu remaja sampai dengan penyu dewasa yg sudah siap menjadi induk. Jenis penyu tidak hanya satu saja, tapi ada beberapa jenis.

Disamping itu, dilokasi ini juga terdapat binatang lain seperti burung, kelelawar, ular, dan lain lain yg sangat jinak, sehingga bisa anda pegang untuk di foto. Permainan ini berlangsung sekitar 1 jam.

 

Tanjung Benoa berada di ujung tenggara pulau Bali dan bertetangga dengan kawasan Nusa Dua. Dapat ditempuh dalam 35 menit dari Kuta, 40 menit dari Sanur dan 20 menit dari Airport Ngurah Rai.

[referensi & Foto tanjungbenoa.com]

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s