Tulamben Bali

Tulamben Bali

Tlamben Bali terutama launya disebut juga sebagai  paradise reef karena penuh dengan kejutan hewan laut yang muncul, seperti jenis ribbon eel, mimic octopus, boxer crabs, ghost pipefish, seahorse, leaf fish, garden eel, lion fish, harlequin shrimp, dan jenis lain yang tidak biasa juga ditemukan di sini. Sementara kumpulan besar jack fish yang jumlahnya hingga ratusan ekor selalu meramaikan kapal karam dan mereka sangat ramah pada penyelam.

 

TULAMBEN ONE OF THE BEST DIVE SITE IN THE WORLD
Daya tarik utama Tulamben adalah potensi alam bawah lautnya yang eksotis untuk kegiatan diving dan snorkeling karena kondisi airnya yang jernih sepanjang tahun dan arusnya yang tenang. Pada kedalaman 30 meter di bawah laut terdapat kerangka kapal “ÚS Liberty” , sebuah kapal dagang AS yang karam akibat dihantam torpedo kapal selam Jepang pada tanggal 11 Januari 1942 ketika dalam pelayarannya melintasi Selat Lombok. Menyelam di kedalaman kapal karam Liberty merupakan alasan terbaik para penyelam yang datang ke Tulamben. Diperkirakan ada sekitar 400 spesies ikan karang mendiami kapal karam tersebut dan dikunjungi sekitar 100 spesies ikan laut lepas ( pelagic). Pengalaman Para divers yang sudah pernah ke sini, akan kembali lagi

Tulamben merupakan desa yang memiliki potensi laut yang beraneka ragam. Terletak di Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, di bagian utara Kabupaten Karangasem sekitar ±25 km dari Kota Amlapura – ibukota kabupaten yang terkenal dengan pemandangan sawah dan tebing yang memukau– , 37 km dari obyek wisata Candidasa, dan sekitar 82 km dari Kota Denpasar.

Akses menuju lokasi mudah dicapai karena letaknya di pinggir jalan raya jurusan Amlapura – Singaraja. Tulamben kemudian dikembangkan menjadi kawasan pariwisata yang meliputi 2 kecamatan, yaitu Desa Tulamben di Kecamatan Kubu; Desa Datah, Desa Labasari, Desa Culik, Desa Purwakerti, dan Desa Bunutan di Kecamatan Abang.

Akibat dari letusan Gunung Agung tahun 1963 yang mengeluarkan 300 juta kubik bebatuan maka pantai di areal ini ditutupi oleh bebatuan. Keadaan ini tentunya memberikan keunikan tersendiri bagi ragam flora fauna yang hidup di Tulamben. Berbagai jenis udang dan kepiting (macro) dapat dijumpai hidup di areal Tulamben. Keadaan ini tentunya mengundang perhatian peminat underwater photography dari mancanegara.

FASILITAS WISATA TULAMBEN
Kurang lebih belasan penginapan tersedia di kawasan Tulamben, biasanya akomodasi kamar kelas standard dengan FAN / AC dilengkapi dengan kamar mandi didalam. Juga di kawasan ini ada Resort juga memiliki fasilitas kolam renang untuk keperluan pelatihan Scuba. Di kawasan Tulamben juga terdapat beberapa Restaurant sederhana dilengkapi dengan bar kecil.

… Tulamben, nama yang dikenal oleh berbagai diver mancanegara
Dari hewan-hewan kecil, reruntuhan kapal (shipwreck), sampai coral yang indah
semuanya ada di Tulamben, tempat dimana kita akan melakukan training scuba…

[referensi : belajardiving.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s