Ubud Bali

Ubud Bali adalah sebuah tempat peristirahatan di daerah kabupaten Gianyar, pulau Bali – Indonesia , merupakan tujuan wisata seni dan budaya, di Kawasan ini ditemukan Museum Rudana dan Rudana Fine Art Gallery ,Museum Puri Lukisan, Puri Agung Ubud, Wanara Wana, Tukad (Kali) Ayung, desa pengrajin emas dan ukiran kayu (desa Mas dan desa Celuk)

Ubud terutama terkenal di antara para wisatawan mancanegara karena lokasi ini terletak di antara sawah dan hutan yang terletak di antara jurang-jurang gunung yang membuat alam sangat indah. Selain itu Ubud dikenal karena seni dan budaya yang berkembang sangat pesat dan maju. Denyut nadi kehidupan masyarakat Ubud tidak bisa dilepaskan dari kesenian. Di sini banyak pula terdapat galeri-galeri seni, serta arena pertunjukan musik dan tari yang digelar setiap malam secara bergantian di segala penjuru desa.

Daerah Ubud sekitar dua sampai tiga ratus meter di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh sawah, yang membuatnya terasa lebih dingin dibandingkan maka tujuan wisata lainnya di Bali. Desa-desanya dikenal kerajinan tangan dan mebel bambu, kayu dan batu ukiran dan berbagai kerajinan unik lainnya.

Ubud sangat dikenal karena secara teratur setiap malam pertunjukan tari tradisional, yang merupakan bagian dari budaya tradisional dan disusun untuk wisatawan pada jadwal teratur. Upacara Hindu-Bali berlangsung  hampir setiap hari

Museum Rudana dan Rudana Fine Art Gallery 


Museum Rudana merupakan museum seni yang berlokasi di Ubud, Bali. Museum ini menyimpan lebih dari 400 buah lukisan dan patung hasil karya para seniman, baik dari Bali, seniman Indonesia di luar Bali maupun karya para seniman asing yang menjadikan Bali sebagai tempatnya berkarya. Berada dalam satu kompleks, berdiri Rudana Fine Art Gallery

Museum Puri Lukisan,


Adalah sebuah museum seni rupa ,Di museum ini bisa dinikmati perkembangan seni rupa di Ubud, baik seni lukis maupun seni pahat. Beberapa karya dari para seniman asing yang berkarya di Ubud . Termasuk juga karya seni rupa pada masa Pita Maha.

Puri Agung Ubud


Puri Agung Ubud terletak tepat di jantung kota Ubud. Merupakan pusat pemerintahan Kerajaan Ubud pada zaman dahulu, serta sebagai pusat kegiatan seni budaya dan adat, yang diadakan di tepat di depan puri. Puri Ubud masih memiliki tata ruang dan bangunan yang dipertahankan seperti aslinya. Di halaman depan, setelah pintu gerbang, terdapat area yang disebut Ancak Saji. Disini seminggu sekali diadakan pertunjukan seni tari, bagi wisatawan. Dan setiap hari, dilaksanakan latihan gamelan dari berbagai kelompok seni musik yang ada di Ubud. Semua aktivitas seni semakin mengentalkan suasana Ubud sebagai sebuah desa yang berwawasan kesenian.

Wanara Wana


Wanara Wana atau Hutan Kera, (lebih dikenal dengan Monkey Forest) adalah kawasan hutan yang terdapat di kawasan Ubud, tepatnya masuk ke dalam wilayah desa adat Padangtegal, Ubud. Di hutan ini terdapat sekawanan kera yang jumlahnya ratusan, yang telah menghuni kawasan ini selama ratusan tahun. Di kawasan ini terdapat pula Pura Dalem Padangtegal, yang didirikan pada awal abad ke-20. Pura tersebut memiliki arsitektur serta ornamen yang sangat kuno dan artistik.

Arung Jeram


Di wilayah barat Ubud, terdapat Tukad (Kali) Ayung. Di sungai ini banyak aktivitas wisata tirta, di antaranya adalah arung jeram dan berkayak. Terdapat beberapa jasa wisata tirta yang menawarkan layanan ini. Selain wisata tirta, di sepanjang tebing Tukad Ayung juga memiliki pemandangan alam yang memikat, dan terdapat puluhan hotel berbintang.

Desa Pengrajin


Desa Mas, di wilayah Ubud, dikenal sebagai pusat penghasil ukiran kayu yang tiada duanya. Hampir di sepanjang jalan dan rumah anda akan menjumpai ukiran seni khas Bali dalam bentuk galeri.
Desa Celuk yang dikenal sebagai pengrajin emas dan perak, juga menjadi tempat favorit untuk mendapatkan cinderamata.
Kawasan Ubud berkembangan menjadi sentra untuk hasil kerajinan seni di Bali mulai dari ukiran kayu, kerajinan emas dan perak, lukisan dan seni lainnya. Kehidupan budaya lokal Bali pun masih dijaga kuat di sini sehingga kawasan Ubud banyak dijadikan sebagai tempat belajar seni bagi utamanya wisatawan asing. Mereka tinggal di sini dan sehari-harinya diisi dengan belajar interaksi dengan penduduk lokal.

Ubud terletak 35 km timur laut Bandara Internasional Bali. Hal ini menarik bagi wisatawan untuk berbagai alasan. Di pulau yang relatif kecil dengan segerombolan atraksi, Ubud adalah terletak pusat, dan bahkan pantai terdekat hanya 15 menit perjalanan.

sumber foto sebagian dari .the-balinese.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s