Pelabuhan Sunda kelapa

Pelabuhan Sunda kelapa – Jakarta

Pelabuhan Sunda Kelapa telah dikenal semenjak abad ke-12 dan kala itu merupakan pelabuhan terpenting Kerajaan Sunda yang beribukota di Pajajaran. Kemudian pada masa masuknya Islam dan para penjelajah Eropa, Sunda Kelapa diperebutkan antara kerajaan-kerajaan Nusantara dan Eropa. Akhirnya Belanda berhasil menguasainya cukup lama sampai lebih dari 300 tahun. Para penakluk ini mengganti nama-nama pelabuhan Sunda Kelapa dan daerah sekitarnya. Namun pada awal tahun 1970-an, nama kuno “Sunda Kelapa” kembali digunakan sebagai nama resmi pelabuhan tua ini.

Sunda Kelapa adalah nama salah satu pelabuhan di Jakarta, daerah ini sangat penting karena desa di sekitar pelabuhan Sunda Kelapa adalah cikal-bakal kota Jakarta yang hari jadinya ditetapkan pada tanggal 22 Juni 1527.


Kala itu Sunda Kelapa milik Kerajaan Sunda yang beribukota di Pakuan Pajajaran atau Pajajaran (sekarang kota Bogor) yang direbut oleh pasukan Demak dan Cirebon. Walaupun hari jadi kota Jakarta baru ditetapkan pada abad ke-16, sejarah Sunda Kelapa sudah dimulai jauh lebih awal, yaitu pada zaman pendahulu Kerajaan Sunda, yaitu kerajaan Tarumanagara.
Kerajaan Tarumanagara pernah diserang dan ditaklukkan oleh kerajaan Sriwijaya dari Sumatera. Oleh karena itu, tidak heran kalau etnis Sunda di pelabuhan Sunda Kelapa menggunakan bahasa Malayu yang umum di Sumatera, yang kemudian dijadikan bahasa nasional, jauh sebelum peristiwa Sumpah Pemuda

Pada jaman penjajahan Belanda, tempat ini merupakan pelabuhan utama, namun seiring jalannya waktu tempat yang mempunyai arti sejarah bagi kota Jakarta ini menjadi terlupakan. Saat ini pelabuhan ini menampung kapal phinisi yang berlayar menuju Jakarta untuk membawa kayu dari daerah lainnya di Indonesia ke Jakarta.

Museum Bahari Jakarta juga terletak di Sunda kelapa ini yang menghadirkan sejarah kelautan Indonesia pada umumnya dan Jakarta pada khususnya. Selain itu tempat ini merupakan salah satu daya tarik wisata yang dihadiri tidak saja masyarakat Jakarta namun juga dari luar Jakarta. Salah satu yang sering dilakukan orang jika berjalan-jalan ke Sunda Kelapa ini adalah mengabadikan suasana pelabuhan tradisional mulai dari bersandarnya kapal hingga orang bongkar muat. Sunset di tempat ini terbilang cukup indah jika tidak tertutup awan.

One response to “Pelabuhan Sunda kelapa

  1. Hi,

    I am writing a blog post about Jakarta and I found some nice pictures on your site. Can I use them, citing your site as the author? My blog is http://da-scoprire.678voli.it/ (in Italian language) and I am writing about various cities, mostly in Europe.

    Thanks,
    Debora

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s