Wisata Ciamis

Wisata di Kabupaten Ciamis
Kabupaten Ciamis yang beribukota di Kota Ciamis, selain sebagai kota transit (persinggahan) yang dilalui jalur utama lintas selatan pulau Jawa, wilayah ini juga memiliki potensi wisata yang sangat menarik. Di antara berbagai tempat wisata yang sudah sangat terkenal dan menjadi andalan adalah Pantai Pangandaran, dan beberapa obyek wisata lainnya yang berdekatan, yaitu Batu Hiu, Pantai Batu Karas, Pantai Batu Hiu dan Cukang Taneuh (Green Canyon).

Beberapa obyek wisata lainnya yang ada di Kabupaten Ciamis, yakni : Situ Lengkong, Curug Tujuh Cibolang, Karang Kamulyan, Situ Mustika, Astana Gede, Goa Donan, Karang Nini, Cagar Alam Pananjung, Karang Tirta, Keusik Luhur, Citumang dan Lembah Putri.

Sebelum menjelajahi tempat-tempat wisata tersebut, kota Ciamis dapat menjadi pilihan tempat bermalam atau sebagai kota wisata / belanja, karena di sini banyak sekali tersedia hotel-hotel dengan berbagai kelas, tempat kuliner dan pusat-pusat belanja oleh-oleh atau souvenir.

3 (tiga) tempat wisata yang kami kunjungi pada tanggal 10 September 2010, yaitu Pantai Pangandaran, Pantai Batu Hiu dan Cukang Taneuh (Green Canyon).

Jalur jalan yang biasanya digunakan adalah dari kota Ciamis melalui kota Banjar. Dapat kami uraikan jarak dari Jakarta (Cawang) melalui jalan tol, sbb :
+ Jakarta – Cileunyi (Bandung) : 155 km
+ Cileunyi – Nagrek – Malangbong – Tasikmalaya – Ciamis (18+28+38+17) : 101 km atau
+ Cileunyi – Nagrek – Garut – Tasikmalaya melalui Singaparna – Ciamis (18+22+55+17) : 112 km
+ Ciamis – Banjar – Pangandaran – Batu Hiu – Green Canyon (25+65+14+16) : 120 km

Jadi, perjalanan dari Jakarta ke Ciamis melalui Malangbong sejauh 256 km atau dari Jakarta ke Ciamis melalui Garut sejauh 267 km atau bila langsung dari Jakarta ke Pantai Pangandaran dengan jarak 346 km.
(Jarak tersebut di atas, bersumber dari peta mudik dan kami catat dari plang petunjuk jalan).

Obyek wisata Pantai Pangandaran yang berjarak berkisar 90 km dari kota Ciamis, dapat kita tempuh +/- 2 jam perjalanan melalui pusat kota Banjar, dengan rute : Jl. Letjend. Soewarto, Jl. Banjar – Banjarsari, Jl. Banjarsari – Padaherang, Jl. Padaherang – Kalipucang dan Jl. Raya Pangandaran. Dalam perjalanan ini, kita akan disuguhi panorama pegunungan yang indah, hamparan sawah dan beragam perkebunan. Yang perlu diperhatikan saat mengemudikan kendaraan adalah banyaknya tikungan yang cukup tajam, dari kota Banjar menuju Banjarsari dan juga di daerah Padaherang – Kalipucang.


Panorama pegunungan di Banjarsari

Banjarsari yang sudah menyerupai kota, dapat menjadi persinggahan untuk “mengisi perut” atau istirahat sebelum melanjutkan perjalanan, di sini banyak tersedia restoran atau tempat makan, serta penjualan oleh-oleh. Daerah lain yang dapat menjadi pilihan kita untuk beristirahat, di Ciganjeng atau di sepanjang Jalan Raya Pangandaran (Babakan), banyak restoran atau rumah makan dengan ragam kelas.

Pantai Pangandaran


Berada di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran, obyek wisata Pantai Pangandaran menawarkan keindahan lautan Samudera Hindia. Pantai landai luas dengan pasir halusnya, serta deburan ombak yang memecah pantai, menjadi pesona dan sensasi rekreasi bagi yang berkunjung ke tempat ini. Panorama sunrise dan sunset, dapat kita nikmati sekaligus di pantai ini. Berbagai pasilitas yang ada, menjadi salah satu alasan Pantai Pangandaran selalu ramai dikunjungi wisatawan, tidak saja wisatawan lokal, tetapi juga wisatawan mancanegara.

Beberapa pasilitas yang ada, antara lain :
– Hotel dan berbagai kelas penginapan
– Waterpark Pangandaran
– Area parkir yang luas
– Toko atau warung : pakaian khas pantai dan souvenir
– Restoran, rumah makan dan warung makanan
– Penyewaan sepeda, motor ATV, banana boat, jetsky dan perahu.
– Kamar mandi / toilet bayar

Panorama Pantai Pangandaran

Untuk masuk ke lokasi Pantai Pangandaran, tiket masuk yang diberlakukan seperti yang tercantum di gerbang masuk (loket) sbb :
– Pejalan kaki (1 orang) : Rp. 2.500,-
– Sepeda motor : Rp. 5.900,-
– Kendaraan jeep / sedan : Rp. 14.200,-
– Kendaraan jenis carry : Rp. 27.200,-
– Kendaraan penumpang besar : Rp. 40.200,-
– Bus kecil : Rp. 52.700,-
– Bus sedang : Rp. 79.500,-
– Bus besar : Rp. 130.500,-

Pantai Pangandaran yang pernah mengalami kerusakan berat karena Tsunami 2006, saat ini sudah tertata rapi kembali, hanya terlihat beberapa bangunan saja di bagian barat yang rusak belum diperbaiki. Peringatan yang ada di sepanjang pantai, yaitu tidak diperbolehkan berenang jauh dari pantai karena ombak laut yang besar, tetapi kita tetap bisa bermain atau berjalan-jalan di pesisir pantai, atau menyewa motor ATV.

3 responses to “Wisata Ciamis

  1. Terimaksih untuk ulasannya list wisata di ciamis ini sangat membantu para wisatawan yang akan berkunjung, termasuk kami
    Salam dari Bogor by admin Villa di Puncak

  2. terimakasih informasinya, saya baru sampai di pantai pangandaran nih.. sudah hampir 12 tahun saya tidak kepantai ini… makasih infonya ya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s