Pantai Sundak – Siung – Krakal – Kukup – Baron

Wisata Alam – Pantai Sundak – Wonosari – Yogyakarta

Pantai Sundak dan lingkungannya sangat menakjubkan. pasir putih yang resik dan air laut yang jernih. berjalan dari bibir pantai ke tengah laut yang relatif dangkal hingga sejauh 30 meter dan menjumpai batu-batu karang kecil berjajar dan menjadi persembunyian biota-biota laut yang mungil.

Tampak beberapa bukit batu karang dan batu kapur di utara pantai dengan tinggi sekitar 12 meter. yang melatari pantai dan menambah keelokan pesona alam kawasan Pantai Sundak. Di dalam salah satu bukit batu karang tersebut terdapat gua, yang di dalamnya ada sumur air tawar yang menjadi sumber mata air.

Sepanjang pantai dihiasi  pohon-pohon yang membuat sejuk hembusan angin laut di sekitar pantai. Di sore hari, dari bawah pepohonan ini, dapat menikmati cantiknya matahari terbenam di ufuk Samudra Hindia.

Pantai Sundak berada dalam satu area dengan sebagian obyek wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul. Beberapa pantai lain yang letaknya berdekatan dengan Pantai Sundak ialah: Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Kukup, Pantai Drini, dan Pantai Sepanjang.

Menurut legenda, di pantai ini terjadi pertarungan antara seekor anjing dan landak. Pertarungan terjadi karena seekor anjing yang sedang kelaparan secara kebetulan berjumpa seekor landak. Si landak kemudian dikejar dan akhirnya menjadi mangsa anjing kelaparan tadi. sehingga pantai ini disebut sundak. (sundak merupakan paduan dari kata asu dan landak )

Pantai yang lingkungannya cukup bersih dan terawat dengan baik ini masih dikelola oleh warga sekitar.
Pantai Sundak masuk di wilayah Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Pantai ini dapat dijangkau dengan kendaraan darat dari Yogyakarta Gunungkidul, Wonosari selama 1 jam , kemudian dilanjutkan  menuju Pantai Baron atau Krakal 40 menit—1 jam

Di Pantai Sundak belum ada penginapan tetapi, di beberapa pantai di sebelah barat Pantai Sundak, yakni Pantai Kukup, Pantai Krakal, atau Pantai Baron terdapat penginapan-penginapan sederhana atau  menyewa homestay di sekitar kawasan ini.
Selain itu, terdapat pula kedai-kedai makan dengan cita rasa  masakan ikan. Warung-warung kecil yang berjajar di tepi pantai ini menawarkan masakan hasil laut nelayan setempat

Pantai Siung

Pantai Siung Ini Terletak sekitar 70 Km dari jogja Berdampingan Dengan deretan pantai Krakal Kukup dan Baron yang juga sangat indah

Pantai Krakal

Dibandingkan Pantai Kukup dan Baron, lokasi Pantai Krakal terletak paling jauh. Semua pantai tersebut Terletak di desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul Yogyakarta. Saat memasuki area Pantai Krakal, tampak area parkir yang penuh dengan berbagai kendaraan mulai dari sepeda motor, kendaraan pribadi dan bus pariwisata.

Pantai Krakal adalah kawasan Pantai yang menawarkan keindahan pemandangan alam dan batu karang yang terhampar sepanjang pantai. Banyak pengunjung yang datang ke Pantai Krakal untuk menyaksikan keindahan pantai dan juga mencari berbagai macam ikan laut.

 

Menatap hamparan laut yang terpampang di depan mata saya. Sebuah karya dari Sang Pencipta

Tak banyak yang bermain-main dengan air laut, karena jika tidak hati-hati, Batu karang yang keras justru bisa melukai kaki. Para nelayan biasa mengenakan sepatu yang terbuat dari ban luar kendaraan, sehingga mereka leluasa untuk berjalan di hamparan karang sepanjang pantai Krakal.

Pantai Kukup

Jarak antara Pantai Krakal dan Pantai Kukup tidak terlalu jauh, sekitar 5 km. Cuaca sudah cukup cerah kali ini. Tiba di kawasan Pantai Kukup, lagi-lagi area parkir sudah penuh dengan berbagai macam kendaraan.

Pantai Kukup menawarkan pemandangan yang tak kalah menarik dibandingkan dengan Pantai Krakal. Di Pantai ini, pengunjung masih bisa melakukan banyak aktivitas misalnya bermain pasir, bermain bola dan berendam di air laut.

 Hal ini tentu berbeda dengan suasana ketika di Pantai Krakal. Meskipun demikian pengunjung tetap harus berhati-hati karena di Pantai Kukup ada palung yang membahayakan pengunjung. Sehingga ketika bermain air, disarankan untuk tidak terlalu jauh menuju ke tengah.

Di Pantai Kukup juga banyak kita temui hewan hewan laut seperti bintang laut, bulu babi dan ikan-ikan lainnya. Selain itu Pantai Kukup juga menawarkan pemandangan laut yang sangat indah. Anda bisa memuaskan diri untuk memotret dari berbagai sudut pantai Kukup ini.

 

Pantai Baron

 Nama yang aneh sebenarnya. Jika Pantai Kukup dan Krakal berasal dari bahasa Jawa. Tapi tidak untuk Baron. Tapi inilah barangkali tujuan utama diantara beberapa pantai lainnya. menuju kawasan Pantai Baron ini.  Memang suasana  luar biasa ramai.  Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar pengunjung lebih banyak yang mengunjungi pantai Baron ini dibandingkan Kukup dan Krakal.

Banyak alasan mengapa sebagian pengunjung lebih memilih kawasan wisata ini. Alasan utama adalah pengunjung bisa leluasa untuk bermain ombak.

Selain itu bagi yang hobi berbelanja berbagai macam aksesoris, hasil laut tempat ini adalah tempat yang tepat untuk membeli oleh-oleh bagi keluarga di rumah.

Di Pantai Baron ini, kita tidak hanya mandi air laut tetapi kita juga bisa mandi air tawar. Air tawar ini adalah air yang berasal dari sungai bawah tanah yang terletak di Kawasan Pantai Baron ini.

Maka tanpa ada komando, kaki kaki kami segera menceburkan diri ke air laut di Pantai Baron ini. Menceburkan diri. Menunggu ombak dan mengikuti arus hingga ke tepi pantai. Inilah hal yang mengasyikkan saat berada di pantai. Disinilah segala kegembiraan diungkapkan. Namun harus juga diwaspadai agar tidak terlalu ke tengah saat menunggu ombak datang.

Ritual mandi di air laut diakhiri dengan mandi di air tawar.

12 responses to “Pantai Sundak – Siung – Krakal – Kukup – Baron

  1. mohon informasi hotel/penginapan di sekitar pantai ini. tks

  2. mohon info penginapan di sekitar baron, kukup, krakal

  3. apakah ada hotel, bintang tiga di pantai Baron

  4. ada juga pulau nan indah yang belum banyak msyarakat tau mengenai pulau-pulau di sumatra batar,contohnya sikuai,pulau angso duo, DLL info kunjungi West Sumatera From Island

  5. Keren….. Gunungkidul banyak menyimpan potensi wisata yang indah. mari kunjungi wisatanya. info hotel dan penginapan,paket wisata, wisata petualangan, hub kami. di tunggu kunjungannya gan. nuwun salam jogja

  6. Gunungkidul mempunyai potensi wisata pantai yang eksotis, pantainya yang unik dan masih alami mempunyai daya tarik tersendiri, tapi sayang pemerintahnya seakan menutup mata dengan potensi yang ada, fasilitas dan akses jalan menuju ke pantai masih jelek, semoga kedepan bisa lebih di kembangkan.

  7. memang sangat keren pantai yang ada di gunungkidul info juga sangat lengkat dan sangat bermafaat banget………!!!!!!

  8. josss semua hanya 25 ribu bensin + 10 ribu bisa menikmati semua nya

  9. Gunungkidul mempunyai wisata pantai yang luar biasa keindahan pantai nya juga masih alami dan suasana di pantai gunungkidul juga sangat keren…….!!!!!!! Tetapi jalan menuju pantai di gunungkidul kurang lebar bila pas liburan jalur nya sering mancet…..!!!! Semoga ke depannya bisa lebih di kembangkan.biar gunungkidul semakin berkembang wisatanya..

  10. Pingback: Belum Jalan Jalan Ke Jogja Kalo Kamu Belum Singgah Ke Pantai Pantai Ini! | tekOOO

  11. Obyek Wisata Gunungkidul memang sangat menarik untuk di kunjungi. Pantainya sangat indah dan cantik. membuat ingin segera datang.🙂

  12. Wisata Gunungkidul Memanglah istimewa, banyak yg bisa qt explorer darinya… makin bangga dengan indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s