Gerabah Banyumulek

Wisata Minat Khusus , Gerabah Banyumulek  dan Kain Tenun Khas NTB Sukarara adalah kerajinan tangan khas Nusa Tenggara Barat telah dilakukan secara turun temurun sejak dahulu kala

Gerabah Manyumulek
Memperlihatkan cara membuat suatu bentuk gerabah mulai dari awal dengan alat yang sederhana. Alatnya hanya berupa lempengan bulat yang dapat diputar dengan tangan. Bahan tanah liat selanjutnya tanah liat tersebut, dibentuk dengan alat pemutar ,setelah jadi dijemur dan dibakar ,selesai . Keahlian membuat gerabak ini menurutnya adalah keahlian turun temurun, sejak kecil ia telah diajarkan dan membuat gerabah.

Produk yang unik yang katanya paling banyak laku adalah kendi maling. Kendi ini bentuk dan fungsinya sama seperti kendi lain hanya saja tampak luar kendi ini lebih tinggi dan lebih eksotik dengan anyaman rotan.
Yang aneh adalah kendi ini diisi air dari bawah kemudian ketika dipakai tentu dibalik lagi tetapi airnya tidak tumpah meski tidak ada penutup khusus yang kelihatan di bawah kendi, hanya katup di bawah bagian dalam sehingga tak kelihatan

Kain Tenun Khas NTB

Di Sukarara menawarkan berbagai macam motif dan warna kain tenun khas NTB, juga bisa liat proses pembuatankain yang menggunakan mesin tenun tradisonal dan sederhana ,mungkin hampir semua penduduk Sukarara sebagai penenun.. dan para gadis disana diwajibkan harus sudah bisa menenun sebelum menikah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s