Pantai Kuta Lombok

Wisata Alam – Pantai Kuta Lombok – Nusa Tenggara Barat
Yang paling terkenal tempat di pantai selatan Lombok adalah Pantai Kuta , yang megah hamparan pasir putih dan laut biru dengan bukit-bukit karang yang terjal di sekelilingnya tampak ombak istirahat , tempat ini dianggap kramat dan beberapa lagi di karang timur Tanjung Aan. Berperahu sekitar tujuh km timur dari Kuta ke Teluk Gerupuk. lebih ke timur dari Blongas ke Serewi. Juga dikenal sebagai Putri Nyale Beach, Kuta di pantai selatan Lombok Tengah adalah salah satu yang paling indah dan pantai yang belum terjamah . Dari Kuta sampai Tanjung Aan lima km jauhnya, itu tak terputus hamparan pasir putih bersih di Samudera Hindia. Aman untuk mandi dan berenang. Lebih lanjut ke barat adalah peselancar dan selancar angin pantai. Setiap tahun, pada bulan Februari atau Maret ketika ikan Nyale datang ke permukaan laut, Kuta Beach adalah tempat perayaan besar. Nelayan berlayar ke tengah laut, sementara laki-laki dan perempuan muda berkumpul di sepanjang pantai untuk bergabung dalam pesta pora, menggoda dan mungkin saling bertemu untuk membangun hubungan yang lebih kekal.
Mendengar nama Pantai Kuta (baca: Kute), semua orang pasti langsung mengasosiasikannya dengan pulau dewata Bali. Tidak banyak orang yang tahu bahwa di pantai selatan Pulau Lombok juga terdapat sebuah pantai indah yang juga bernama Kuta. Keunikan dari pantai ini yaitu dari area pantai yang dilingkungi oleh perbukitan, pasirnya yang berwarna sangat putih dan sangat sepi pengunjung, terlebih di hari kerja. Pantai Kuta Lombok tampaknya belum banyak dieksploitasi oleh pemerintah daerah setempat untuk dijadikan tujuan wisata unggulan selain Senggigi yang namanya sudah mendunia.

Pantai Kuta sudah menjadi salah satu tujuan wisata saya pada saat merencanakan berwisata ke Lombok, walaupun penginapan tetap memilih di daerah Senggigi dengan pertimbangan karena lebih banyak pilihan hotel, makanan dan akses mudah ke kota Mataram.

Jika anda menginap di Senggigi atau Mataram, cara termudah untuk menuju ke Pantai Kuta adalah dengan menyewa harian taksi-taksi resmi yang banyak beroperasi di Mataram dan sekitarnya.

Area pantai yang terdekat dengan jalan masuk adalah area yang dipenuhi batu karang. Air laut jernih tidak menghalangi pandangan mengagumi bagu-batu karang dan penghuni-penghuni kecil yag sesekali tampak berenang dan merayap di situ.

Lima puluh meter dari jalan masuk tadi, terhamparlah pasir pantai yang sangat putih dan bersih, agak menyilaukan dari kejauhan di tengah hari tanpa awan. Bermain-main di pantai berpasir putih tersebut sangat menyenangkan karena area pantai yang dangkal cukup luas, tidak seperti di daerah Senggigi yang kebanyakan terdapat pantai terjal.

Di kejauhan, terlihat beberapa pengguna jetski dan windsurfer yang mungkin difasilitasi oleh Hotel Novotel Coralia Lombok yang berada sekitar 1 – 1,5 km dari Pantai Kuta dan merupakan hotel berbintang satu-satunya yang terdekat dengan Pantai Kuta. Hotel tersebut juga berada di bibir pantai, dan menyediakan berbagai fasilitas rekreasi air seperti jet ski, speed boat, banana boat dan lain-lain.
Dapat juga ditemukan Warung milik penduduk setempat tempat minum air kelapa segar. dan Pembuat kerajinan dari tembikar dan kayu. kerajinan khas Lombok . [sumber :liburan.info]

Pantai Kuta Lombok , setiap bulan Pebruari atau Maret dilaksanakan Festifal Bau Nyale yang mempunyai legenda Putri Mandalika

One response to “Pantai Kuta Lombok

  1. Pantai putih di kuta lombok ini sangat menawan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s