Hutan Camplong

Wisata Alam – Hutan Camplong – Kupang – Nusa Tenggara Timur

Hutan Camplong merupakan hutan wisata yang terkenal dengan pemandian alamnya. Hutan ini terletak di kaki Gunung Fatuleu dan merupakan tempat tinggal satwa-satwa yang dilindungi.

Kawasan hutan Camplong memiliki penangkaran buaya, rusa Timor, dan ular sanca. Hewan endemik yang bisa dijumpai adalah rusa Timor, burung kakaktua berbahu hijau kekuningan (Olive-shouldered Parrot), dan merpati berpunggung hitam (Black-backed Fruit-Doves). Flora endemik yang terdapat di kawasan ini adalah kayu cendana (Santalun album).

Selain keanekaragaman hayati, hutan ini juga memiliki beragam sumber daya alam. Beberapanya adalah sumber mata air, kolam renang alami, dll.
Lokasi menarik lain adalah gua buatan yang merupakan peninggalan Jepang dari masa perang dunia kedua. Gua ini bersejarah karena menjadi tempat persembunyian pasukan Jepang ketika diserbu warga setempat.

Hutan Camplong terletak di pinggir jalan yang menuju ke Kota Soe, Kecamatan Fatuleu, Kabupaten Kupang. Kurang lebih letaknya 46 km dari Kota Kupang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s