Danau Poso

Danau Poso, tepatnya berada di Tentena Kabupaten Poso – Sulawesi Tengahyang terletak di ujung utara Danau Poso mempunyai alam desa yang indah dan menawan, Danau yang tenang dan luas tempat peternakan ikan belut , ikan Sidat atau Sogili terbesar di Dunia, bisa sampai 2 mtr, dikelilingi alam perbukitan yang ditumbuhi tanaman cengkeh. Pada saat cengkeh berbunga (bulan Juni hingga November) pohon cengkeh akan mengeluarkan aroma harum bunga cengkeh.

Sekitar danau masih dikawasan Desa Tentena, ditemukan Gua yang cukup dalam, sampai ke dasar danau.

Danau Poso merupakan danau dataran tinggi yang dikelilingi oleh gunung dan memiliki pemandangan yang menarik serta iklim yang dingin sehingga menbuatnya sebagai pusat pengembangan wisata di Sulawesi Tengah. Dengan luas 32.320 ha danau ini ke utara hingga ke bagian tengah Kecamatan Pamona Utara. Tentena di bagian utara, 56 km dari Poso.Bagian selatan di Pamona Selatan menuju ke Pendolo. Kedua daerah ini dihubungkan dengan transportasi air melalui rute perdagangan tradisional antara Poso dan Toraja di Sulawesi Selatan.

Perjalanan berperahu biasanya hingga malam dengan menggunakan lampu minyak dan agar penumpang tidak kedinginan dilengkapi dengan ruangan bawah. Diadakan pelayaran malam karena adanya angin kencang, setelah jam 10 pagi yang berhembus di bagian tengah danau itu yang menimbulkan gelombang.

Wilayah Poso memiliki bermacam-macam keunikan yang tidak ditemukan di daerah lain. Poso terletak di jantung Pulau Sulawesi atau bahkan di Indonesia, yang terletak kira-kira 600 m di atas permukaan laut, 57 km dari Kota Poso, di sepanjang jalan Trans Sulawesi. Keliling Danau Poso 32.320 km dengan lebar 16 km, dalamnya sekitar 360 m dibagian selatan, dan 510 m di bagian utara. Airnya jernih sepanjang masa. Musim kemarau Juli hingga Agustus, dan musim hujan Januari hingga Juni dan Oktober hingga Desember.

Ada pasang tinggi terjadi April hingga Juni dan pasang surut Juli hingga Desember. Ketika pasang, ¾ danau tersebut ditutupi oleh pasir putih pada pantainya. Dan hasil khusus dari danau itu ada Sogili dan ikan mas. Di bagian selatan danau ini terletak Kecamatan Pendolo yang merupakan sebuah daerah persinggahan bagi para persinggahan yang datang dari Toraja dan melanjutkan perjalanannya disekitar danau untuk menjelajahi Morowali, Tanjung Api, Suaka Lore Kalamanta, Taman Laut Teluk Tomini, Kepulauan Togian, naik perahu di Lembah Bada, dan melihat ratusan batu megalithik atau langsing ke Manado. Di sekitar danau ada kawasan wisata dengan taman anggrek alami Bancea yang luasnya sekitar 5000 ha dengan 55 jenis anggrek langka, pantai berpasir putih dengan latar belakang hutan anggrek. Goa Pamona terletak di sisi lain danau ini, dan setia minggu keempat di bulan Agustus di Tentena diadakan festival budaya Danau Poso.

Disesa Bancea , desa dipesisr pantai danau dapat ditemukan Pelestarian Angrek terbesar di Indonesia yang ditemukan Angrek Hitam yang sangat khas dan hanya ada di daerah ini.
Beberpa kilometer dari tentena di temukan Air terjun Salu Opa dan tempat pembuatan Sovenir Kayu Ebony
Pada pertengahan tahun sembilan puluan Danau ini pernah menjadi Agenda Wisata Dunia yang dikenal dengan Festival Danau Poso.

Kembali ke Wisata Sulawesi Tengah

Danau Poso

Air Luncur Saluopa

Angrek Hitam di Taman Angrek Bancea

Ikan Sidat, Mengembangkan budidaya ikan sidat atau belut (sogili) di Danau Poso, Sulawesi Tengah, dengan sistim keramba yang melibatkan nelayan setempat yang selama ini menangkap sogili dengan cara-cara tradisional.
Tentena tempat pengembangan/ budidaya ikan sidat , kota wisata di tepian danau Poso, sekitar 56 km Selatan Kota Poso, karena potensinya sangat besar dan warga setempat sudah lama menggeluti penangkapan ikan sidat.
Pasar ikan sidat di dunia sangat besar, terutama ke Taiwan, Hongkong, Jepang, China dan beberapa negara Eropa yang kebutuhan mereka selama ini belum pernah tercukupi.

Ikan Sidat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s