Danau Lindu

Danau Lindu memiliki luas 3150 ha, dan merupakan danau terbesar kedua di Sulawesi Tengah.Sebagai danau pada dataran tinggi yang dikelilingi oleh gunung, danau ini beriklim dingin.

Danau Lindu dapat dicapai melalui jalan darat dari Palu ke Sidaunta (63 km dari Palu). Ke arah Palu, Kulawi dengan perjalanan 1¼ jam. Dari Sidaunta kira-kira 17 km lagi ke danau itu yang dapat dicapai dengan berkuda atau berperahu selama 5 jam.

Jalan setapak yang digunakan oleh para nelayan dari danau itu dan para petani yang membawa beras keluar wilayahnya serta membawa pulang garam, minyak tanah dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Di Pinggir danau itu kita dapat memancing, dan unggas liar banyak disini. Perahu dapat dipinjam pada kepala desa Tomado. Untuk mencapai pulau Bola diperlukan waktu 10 menit dengan menggunakan motor laut.

Salah satu hal yang menarik adalah adanya kubur maradindo seorang pahlawan rakyat, yang dihiasi dengan lukisan kepala kerbau. Disini tidak ada tempat menginap kecuali di rumah penduduk atau laboratorium WHO di Tomado. Masyarakat disini jujur dan ramah, yang dengan sukarela akan memandu atau mengantar, pengunjung disarankan agar tidaj berjalan dengan kaki telanjang karena banyak cacing schistosomiasis atau lintah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s