Sungai Nimanga

Sungai Nimanga

gried_multiplySungai Nimanga terletak di desa Timbukar – Minahasa – Sulawesi Utara, obyek wisata yang terlengkap, Wisata Alam, Sungai , Air terjun, Hutan, Budaya , dan olah raga , arung jeram yang baik karena sungai ini memiliki grade III-V . yaitu karakteristik sungai jeram – flat water, jadi cukup aman diarungi. Apabila perahu terbalik dari jeram, lebih mudah untuk penyelamatan karena di depan sudah pasti ada flat water.
Selain itu menyuguhkan wisata alam , sungai dengan keindahan sungai yang berkelok-kelok bersumber dari dua air terjun yaitu Air Terjun Tincep 70 mtr  dan Air Terjun Timbukar 90 mtr, disekitar sungai Nimanga terdapat dataran agak datar tempat camping, hutan lebat menghiasi sepanjang Sungai Nimanga diserta sahutan satwa liar misalnya berbagai jenis Burung, Monyet khas Sulut, dan Tarsius . Sejak dahulu kala , Masyarakat sekitar kawasan ini sangat cekatan membuat saguer sejenis tuak .

Selain kaya akan sumber daya alam, budaya dan sejarah, Indonesia pun kaya akan legenda serta mitos. Tak terkecuali di Sulawesi Utara. Tepatnya di Sungai Nimanga, Desa Timbukar, Minahasa, Sulawesi Utara.

Dengan grade III-IV menjadikan sungai ini populer digunakan sebagai lokasi olah raga arung jeram. Pada 20 Oktober 2010 kami berkesempatan mengarungi jeram-jeram sungai ini. Sangat seru dan menyenangkan, apalagi kami ditemani para atlet rafting Sulut yang tak perlu ditanya lagi kehandalannya.

Satu hal yang menarik perhatian kami adalah adanya susunan-susunan batu misterius di pinggiran Sungai Nimanga. Terdiri dari sebuah batu besar sebagai dasar dan batu-batu yang lebih kecil di atasnya.

Yang membuatnya unik adalah posisi batu kecilnya dibuat ‘berdiri’ seimbang di titik mustahil. Belum lagi posisi, lokasi dan komposisi yang berubah-ubah dari waktu ke waktu.

Penduduk setempat meyakini susunan batu-batu ini membantu mencegah air sungai meluap membanjiri daerah tepi sungai. Entah siapa yang melakukannya. Apakah perlu ilmu dan mungkin kesaktian khusus? Misteri yang menarik untuk dicari jawabannya.

Di tengah perjalanan kami menepi dan mencoba membuat susunan serupa. Ternyata tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Berarti tidak perlu kesaktian untuk membuatnya. Tetapi agaknya lebih menarik jika misteri tetap dibiarkan menjadi misteri di Sungai Nimanga ini…

Sumber foto: http://travel.detik.com/

Kembali ke Wisata Sulawesi Utara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s