Tomohon Kota Bunga

 
Dikenal sebagai Kota Bunga, Tomohon adalah  bukit resor belokasi 22 km di timur ibu kota provinsi Sulawesi Utara yaitu Manado. Tomohon terdiri dari 35 desa di 5 sub distrik yaitu Barat, Timur, Tengah, Selatan dan Utara Tomohon. Di sepanjang jalan Tomohon baik sisi kanan mau pun kiri terdapat rumah makan dan penginapan. Pemandangan di sini didominasi oleh pohon kelapa.
Kondisi tanah yang subur dan udara yang sejuk membuatnya cocok untuk membudidayakan berbagai jenis bunga dan sayuran. Kota ini dikenal sebagai penghasil bunga. Saat musim berbunga tiba maka di sinilah tempat bunga-bunga indah bermekaran bahkan taman di rumah penduduk lokal dapat turut Anda nikmati.

Festival bunga tahunan Tomohon di selenggarakan bulan Juni dan Juli. Selama perhelatan ini Anda bisa melihat parade bunga di jalanan kota. Perlombaan bunga hias juga diselenggarakan selama festival ini dengan peserta yang berasal dari 94 kota.

 
 
Ketika Anda berkunjung ke kota ini selama musim berbunga maka Anda akan melihat pemandangan bunga berwarna warni yang menawan di kaki bukit yang indah. Pemandangan ini terlihat sempurna ketika matahari terbit dan embun muncul di pagi hari.
Taman  bunga Tomohon berada di kaki Gunung Lokon sekaligus menjadikan gunung ini sebagai latar belakang bunga-bunga yang terlihat sangat indah. Anda juga bisa berjalan di sepanjang jalan utama kota yang di penuhi toko-toko bunga. Sejumlah  pemilik taman bunga mengizinkan Anda untuk memetik dan memilih bunga yang Anda sukai.
 
Jika anda ingin tinggal lebih lama di kota bercuaca dingin ini maka Anda tidak perlu khawatir mengenai akomodasi karena pengginapan tersedia banyak di pusat kota.
Penginapan favorit berada di pemukiman warga dimana taman-taman bunga indah terlihat. Harga untuk menyewa penginapan bervariasi tergantung fasilitasnya.
 
Namun di pasar Tomohon, Anda akan banyak menemui pedagang-pedagang lain seperti pedagang daging tikus,daging ular, anjing, babi, sampai kelelawar. Sungguh sebuah hal yang unik untuk di kunjungi, sekaligus mengerikan.
Datanglah ke pasar tradisional Tomohon sebelum akhir tahun. Di sini Anda akan merasakan pengalaman wisata kuliner ekstrem dengan mencoba paniki (kelelawar), woku, RW (anjing), babi hutan, dan tikus goreng.
Anda pasti tidak pernah membayangkan untuk menyantap tikus. Tetapi tidak bagi masyarakat Tomohon. Daging tikus adalah salah satu santapan lezat yang disukai masyarakat. Jangan khawatir, tikus yang dimasak juga bukan tikus yang sering berkeliaran di dalam rumah. Namun, jenis tikus sawah atau tikus hutan yang bentuknya lebih besar. Tikus goreng sedikit mahal harganya yaitu Rp60.000,00 per porsi, mungkin karena sedikit susah mendapatkannya.
Makanan di sini semuanya menarik untuk dicoba. Cobalah untuk memakan sup brenebon. Sup yang berisi kacang merah ini memang sangat cocok dimakan selagi hangat di tengah dinginnya udara Tomohon.
 
Jika anda meyukai bunga maka Anda bisa membeli berragam jenis bunga dari Tomohon sebagai cendera mata. Anda juga bisa mengunjungi pasar-pasar di Tomohon yang buka setiap hari.
 
Tomohon mempunyai topografi yang bergunung dan berbukit dari utara hingga ke selatannya. Ada empat gunung berapi di Tomohon dimana dua di antaranya masih aktif, yaitu Gunung Lokon dan Gunung Mahawu. Gunung Lokon tingginya 1,580 meter dan merupakan gunung tertinggi di Tomohon.   
Selama musim berbunga Anda bisa melihat bunga-bunga berwarna-warni di sepanjang jalan. Ada banyak toko dan taman di sepanjang sisi pegunungan yang tentunya akan memanjakan mata Anda.
Untuk menikmati pemandangan taman-taman bunga yang mempesonakan mata ini, Anda lebih baik berjalan kaki saja sambil menikmati udara Tomohon yang segar.
 
Tomohon dengan mudah dapat ditempuh dari Manado dalam waktu satu jam. 

Tentunya waktu terbaik untuk berkunjung adalah selama musim berbunga yaitu bulan Desember, January, dan April. Festival bunga tahunan tomohon di selenggarakan bulan Juni dan Juli.

Disarankan untuk menyewa mobil jika Anda ingin melihat kebun bunga di lereng gunung karena lokasinya jauh dari jalan utama. Kondisi jalan di sini curam dan berliku.
Untuk Anda pecinta hewan peliharaan tidak disarankan untuk berkunjung ke ke pasar tradisional Tomohon.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s