Pulau Natuna

Wisata Alam – Pulau Natuna – Kepulauan Riau

Gugusan Kepulauan Natuna juga memiliki pemandangan yang indah, dengan panorama pantai yang masih terjaga keasriannya.

Natuna demikian elok dan memiliki banyak potensi.Pengunjung dapat menemukan wisata pantai, seperti Pantai Tanjung, Pantai Sebagul, Pantai Teluk Selahang, Pantai Setengar, dan sebagainya. Sejumlah lokasi bahkan menjadi tempat favorit bagi penggemar snorkling, pengamat habitat penyu, dan pecinta wisata bawah air

Pulau Natuna adalah kabupaten dari Propinsi Kepulauan Riau. Pulau ini terletak di Laut Cina Selatan antara Semenanjung Malaysia, Borneo, Vietnam dan Kamboja. Untuk mencapai Pulau Natuna dari Pulau Batam harus menyeberang dengan kapal penumpang ke Tanjung Pinang selama 1 jam, dan dari Tanjung Pinang menggunakan pesawat kecil ke Bandara khusus AU di Ranai, Pulau Natuna

Gugusan pulau di kawasan utara Provinsi Kepulauan Riau itu disebut. Tanah dan lautnya sangat kaya akan berbagai barang tambang, seperti pasir kuarsa, gas alam, dan minyak bumi.

Di perairan lautnya yang dalam terkandung kekayaan alam berwujud ikan dan biota laut lainnya. Belum lagi keelokan pantai dan keindahan terumbu karang yang sangat menawan. Bagi warga Natuna, Pulau Natuna Besar dan pulau-pulau kecil di sekitarnya lebih sering disebut sebagai Bunguran.

Menurut legenda, penghuni pertama Pulau Natuna Besar adalah Demang Megat. Alkisah, ada seorang anak yang terbawa hanyut sebatang kayu. Anak itu, menurut kisah, berasal dari Siam (Thailand). Kala itu pulau tersebut belum bernama.


Air laut yang menghanyutkan kayu itu kemudian mendamparkannya di sebuah pulau. Entah atas kekuatan dari mana tiba-tiba anak itu berubah besar dan berbulu. Dialah yang kemudian disebut Demang Megat. Oleh Wan Tarhusin, warga Natuna yang mengisahkan legenda itu, Demang Megat juga memiliki kekuatan dan kesaktian.
Demang Megat, yang menjadi penghuni pertama Pulau Natuna Besar itu, kemudian menikah dengan seorang putri Kerajaan Johor bernama Engku Fatimah. Kala itu Engku Fatimah tengah berlayar menuju gugusan Kepulauan Natuna dan kemudian mendarat di pantai Pulau Natuna Besar.
Di bawah sebuah pohon besar bernama bungur di pulau itulah Engku Fatimah bertemu dengan Demang Megat. Karena saling terpikat, mereka kemudian menikah dan tinggal di pulau itu. Dari nama pohon tempat pertemuan antara Engku Fatimah dan Demang Megat itulah tanah atau pulau itu kemudian disebut Bunguran.
Pernikahan itu berjalan langgeng dan merupakan berkah bagi Engku Fatimah. Sebelumnya ia telah 40 kali menikah, tetapi tak berapa lama setelah menikah suaminya selalu meninggal. Hanya bersama Demang Megat perkawinan Engku Fatimah bisa langgeng.
Oleh Kerajaan Johor, Demang Megat kemudian digelari Datuk Kaya. ”Gelar itu diberikan untuk yang pertama kalinya, dan gelar itu merupakan gelar tertinggi,”

Keberagaman itu membuat Natuna menjadi makin kaya. Tidak hanya karena sumber daya alam yang dimilikinya dan segala potensi kelautan yang menjadi anugerahnya, tetapi juga kekayaan latar belakang warga yang mendiaminya. Sejarah, legenda, dan nama kemudian menjadi latar belakang yang menjadikan apa yang terjadi saat ini makin berurat-berakar.

Umumnya, legenda mengisahkan tentang pertemuan aneka suku bangsa di tempat yang baru dan tak bernama. Di Natuna, saat ini pertemuan itu makin mendapat makna karena perjumpaan lebih banyak budaya, suku, dan bangsa, yang tentu saja diharapkan makin memperkaya Natuna.

21 responses to “Pulau Natuna

  1. insya allah akan menjadi berkah buat masyarakat natuna apabila para pejabatnya jujur dan amanah(tdk korupsi) tidak mementingkan diri sendiri dan kelompoknya, amin……

  2. badul and arifin putra sedanau

    jangan hanya bunguran timur yang di sorot bung…. bunguran barat juga memiliki potensi alam yang luar
    biasa

  3. icha septiasari

    tujuan awal jadi mahasiswa geografi adalah untuk menginjakkan kaki dipulau natuna dan semoga bisa tercapai,amin

  4. Pingback: Natuna Islands | Naturepotency.com

  5. Pingback: Natuna

  6. Subhanallah…INDAHNYA….

  7. Pingback: Natuna, Lingkar Indonesia | Surya's World

  8. Subhanallah,, memang benar2 indah, sangat mengagum kan

  9. Jika tidak keberatan mohon saya di infokan bagaimana akses menuju kesana, dengan oesawat apa dari medan, dan menuju kmana setelah itu kemana lagi, hehehehe sorry byk nanya pak….dan mohon di infokan bagian mana yg pantainya paling bagus di natuna ?,sulitkan akses menunu kesana setelah dari bandara ?, terima kasih sebelumnya

  10. Jika tidak keberatan mohon saya di infokan bagaimana akses menuju kesana, dengan pesawat apa dari medan, dan menuju kmana setelah dari bandara, harus naik apa dan kemana lagi, hehehehe sorry byk nanya pak….dan mohon di infokan bagian mana yg pantainya paling bagus di natuna ?,sulitkan akses menuju kesana setelah dari bandara ?, terima kasih sebelumnya

  11. Sangat indah alam natuna.untuk melihat destinasi serta foto wisata lainnya silahkan telusuri website resmi dinas pariwiasata kabupaten natuna.www.pariwisata.natunakab.go.id

  12. wah bagus ini, mas saya mau tanya tentang pulau natuna, kan mas udah ke sana ne, saya mau tanya kalau soal teknologi tepat guna di sana gmna? apa aja yg sudah di terapkan? oleh pemerintah atau organisasi?..
    soalnya saya ingin membuat karya tulis tentang PEMBERDAYAAN MASYARAKAT HINTERLAND,, terima kasih sebelumnya,,

  13. wihhh ternyata pantai natuna itu indah banget ya, keadaan airnya juga masih jernih..
    dilihat dari gambarnya kan ada mesjid kan ya gan, itu namanya mesjid apa dan dari mesjid itu ke pantai natuna jaraknya sekitar berapa km gan?
    terimakasih😀

  14. Yaa allah rindu ranai … rindu batu kapal rindu teman2 smua yg dsna .. kapan aq bisa kesana lagi .. hiks hiks ..

  15. subhanalloh indah sekaliii (Y)

  16. inilah jazirah melayu… di manapun terlantar tetap serumpun.

  17. Impian terbesar jika saya bisa berwisata kepulau natuna

  18. Rindu… natuna ee.. kapan sa ke sana lagi..
    beruntung bgt w peraktek di kapal line nya ke natuna.. indah sekali. kangen jalan” di sana.. bareng tmn” di kapal.. kalau ku dah jadi perwira w mau main ke sana ahhhhh…. mau berkeliling natuna
    semoga bisa amin..

  19. indahnya

  20. subhanalloh sungguh indahnya..
    terimakasih gan untuk postingannya (y)😉

  21. Subhanalloh,maasyaa Alloh lahaula wala quwwata illaa billaahi.alhamdullillah….sungguh elok jika dipandang,dilihat sungguh nan permai, jika dijaga dan dilestarikan sungguh tentram dan indah.sesuai dengan tempat air yang sejuk , jernih dan bersih.jadikanlah tempat yang bisa menjadi andalan semua masyarakat yang memerlukan,sebagai sumber kehidupan yang baik dan layak. ”NO CORRUPTION TO EXPIRE CORRUPTOR ”. TRIM’S.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s