Pantai Glagah

Wisata Alam – Pantai Glagah – Yogyakarta

Di Pantai Glagah, paling menarik karena keberadaan laguna yang dapat digunakan untuk beragam wisata air.  jarang dimiliki oleh pantai-pantai lain di kawasan Indonesia. Terbentuknya laguna ini dikarenakan adanya gelombang pasang besar yang menyebabkan air laut terjebak di cekungan pasir pantai, sehingga membentuk genangan yang menyerupai danau
Pantai Glagah merupakan kawasan pantai yang memiliki potensi wisata besar juga karena keindahan alaminya. Pantai yang pasirnya hitam kecoklatan ini, memiliki dataran yang landai tanpa karang, sehingga memberikan  panorama air laut sejauh mata memandang.

Di Pantai Glagah, sekaligus  dapat menikmati tiga objek wisata dalam satu pantai. Pertama, adalah objek yang diberi nama Dermaga Wisata ini, untuk menikmati keindahan alam sekitarnya, Objek Kedua adalah laguna yang letaknya beberapa ratus meter ke arah barat dari Dermaga Air. Laguna ini membagi sebagian kawasan Pantai Glagah menjadi dua bagian, yakni bagian yang masih ditumbuhi oleh beberapa tumbuhan pantai dan rerumputan, dan bagian gundukan pasir yang berbatasan langsung dengan lautan dan lainnya adalah Objek yang merupakan kawasan pemancingan.
Kondisi Pantai Glagah yang landai, menyebabkan pantai ini berlimpah dengan hasil laut. Di kawasan pemancingan ini, pengunjung dapat bergabung dengan warga sekitar untuk memancing ikan. Bahkan, tak jarang warga sekitar mau membantu pengunjung untuk memancing.
Mengelilingi laguna ini dengan menaiki perahu motor yang banyak ditawarkan di lokasi tersebut atau juga dapat melakukan olahraga air, seperti berenang ataupun mendayung. atau berjalan ke arah barat, menuju lokasi sebuah argowisata . Argowisata ini, menyewakan perahu dayung (kano), gethek, dan juga bebek dayung untuk para pengunjung.
Pantai Glagah menjadi satu-satunya kawasan pantai yang mengembangkan budi daya buah naga di kawasan Argowisata tersebut.

Pantai Glagah , banyak disiapan peralatan olah raga air dan perahu untuk dipersewakan , juga memiliki sebuah panggung terbuka, yang biasanya digunakan untuk mengadakan pentas seni, budaya, dan beragam hiburan lainnya. atau tempat beristirahat yang banyak terdapat di sekitar Pantai Glagah, seraya menikmati beragam masakan laut hasil olahan penduduk setempat. atau penginapan

Disis lain pantai ini juga baik untuk memancing di laut yang berombak

Pantai ini berjarak sekitar 40 km dari Kota Yogyakarta, atau 15 km dari Wates, Ibu kota Kabupaten Kulon Progo. Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta, Indonesia.
Untuk mengunjungi pantai ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaran umum. dari Yogyakarta ke Wates kemudian ke Lokasi Wisata

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s